TIPS MEMILIH BUAH DURIAN YANG BAGUS

 on Tuesday 5 January 2016  

Tips Memilih Buah Durian yang Bagus - Durian merupaka salah satu buah yang paling digemari orang Indonesia, bahkan di luar negeri pun banyak yang menggemari buah asli Indonesia ini. Durian memang memiliki rasa yang khas. Bagi penyuka buah yang satu ini, pada musimnya akan rela berburu sampai ke daerah-daerah yang terkenal dengan durian khasnya.

Bagi penggermar tulen, pasti sudah punya trik khusus dan sudah tau rahasia durian yang enak dan lezat. Namun sebagian masih kurang megetahui cara memilih durian yang baik. Akhirnya mereka pasrah untuk dipilihkan penjual. Jika langsung dimakan di tempat, mungkin penjual tidak akan berani megelabuhi pembeli, namun jika kita membeli untuk dibawa pulang kita harus mengetahui trik dan tips memilih durian yang baik.

Berikut tips memilih durian yang bagus.

1. Perhatikan Kulitnya
Kulit durian yang bagus bisanya terlihat berduri jarang dan besar-besar. Biasanya durian dengan ciri seperti ini berdaging padat. Sebaliknya jika durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, ini menandakan daging durian tersebut lembek.

2. Perhatikan Tangkainya
Yang harus diperhatikan dari tangkai durian adalah, perhatikan ciri tangkai durian yang akan kita beli, biasanya durian yang jatuh dari pohon bentuk tangkainya bergerigi. Jika terlihat bekas potongan, mungkin durian itu dipetik sebelum masak. Setelah memperhatikan tangkainya, selanjutnya, congkel sedikit kulit tangkainya dengan kuku, jika kulitnya tebal, maka daging buahnya pun tebal, kemudian jika warna bagian dalam kulitnya kuning, maka warna daging buahnya jiaga berwarna kuning.

3. Pilih Buah Durian yang Berbentuk Bulat
Ciri buah durian yang memiliki daging buah yang besar dan banyak biasanya berbentuk bulat, sedangkan durian lonjong atau tidak bulat biasanya hanya memliki daging buah yang sedikit.

4. Pilih Buah Durian yang Ringan
Biasanya dalam memilih sesuatu pasti kita akan memilih yang paling berat, dengan asumsi semakin berat, artinya semakin banyak isinya. Akan tetapi dalam memilih durian jika kita memilih yang berat, itu adalah pilihan yang salah. Durian yang berat biasanya masih mentah, isinya terlalu banyak air dan kemungkinan lain adalah durian tersebut busuk.

5. Tes dengan Cara Dipukul-Pukul
Perhatikan suara durian ketika kita pukul. Jika terdengar suara bluk-bluk bergema,itu menandakan bahwa durian sudah matang. Akan tetapi jika terdengar bunyinya plek-plek artinya durian tersebut belum matang.

6. Guncangkan
Apabila pada saat kita guncangkan terasa sesuatu yang berguncang di dalam, itu menandakan bahwa daging buahnya kering. Dan itu menandakan durian yang bagus.

7. Pilih Buah Durian yang Berjuring Lima
Juring atau kamar-kamar dalam buah durian bisa dilihat dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bagian atas sampai bagian bawah. Durian yang ideal memiliki lima juring karena daging buah biasanya lebih banyak ketimbang durian yang memiliki 6 juring atau lebih. Maka pilihlah durian dengan juring 5.

8. Cium Baunya
Jika baudurian kuat, biasanya menandakan bahwa buah durian tersebut buahnya besar dan manis serta matang. Akan tetapi jika durian yang kita cium sudah tidak berbau lagi, kemungkinan buahnya masuk angin, hal ini akan  membuat rasa durian menjadi hambar.

Demikanlah beberapa Tips Memilih Buah Durian yang Bagus. Semoga bermanfaat. Selamat menikmati durian. :)
TIPS MEMILIH BUAH DURIAN YANG BAGUS 4.5 5 Agus Budianto Tuesday 5 January 2016 Tips Memilih Buah Durian yang Bagus - Durian merupaka salah satu buah yang paling digemari orang Indonesia, bahkan di luar negeri pun banya...


No comments:

Post a Comment