TIPS MERAWAT PAYUDARA UNTUK IBU HAMIL

 on Wednesday 6 January 2016  

Tips Merawat Payudara Untuk Ibu Hamil - Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi. Seluruh kebutuhan  gizi bayi pada awal kehidupannya tersedia  dalam ASI. Usahakan agar ibu dapat memberikan ASI sedini mungkin  dan selama mungkin. Keadaan puting susu  sangat berpengaruh   terhadap  keberhasilan   ibu menyusui bayinya.  Puting susu perlu  dirawat sejak  hamil agar tidak kaku, keras, dan tidak masuk ke dalam.

Perawatan payudara dimulai pada usia kehamilan 6-7 bulan. Perawatan payudara dilakukan dengan cara mengurutnya  setiap  pagi dan sore sebelum  mandi.  Pengurutan payudara dilakukan  dengan cara sebagai berikut.

1. Tangan  dicuci bersih dan dilicinkan dengan minyak atau sabun.

2. Urutlah payudara dari pangkal menuju puting susu, masing-masing  selama 2 menit atau 10 kali urutan.

3. Puting susu diolesi minyak atau baby oil agar puting menjadi lunak. Jika puting masuk ke dalam, puting ditarik keluar dengan cara dipegang di antara dua jari yang dilapisi handuk.  Lakukan secara perlahan-lahan dan berulang-ulang selama lima menit.

4. Gosok puting susu dengan handuk agar kotoran keluar.

Pada usia kehamilan empat bulan, mungkin akan keluar cairan dari  puting susu. Segera bersihkan cairan tersebut dengan air karena jika  dibiarkan akan menyebabkan puting menjadi perih. Jika keluar cairan  dari puting  susu pada akhir kehamilan, pencetlah dengan jari  telunjuk dan ibu jari. Selama hamil gunakan kutang yang pas sehingga bisa menopang buah dada dan tidak menekan puting susu.

Demikian Tips Merawat Payudara Untuk Ibu Hamil. Semoga bermanfaat.
TIPS MERAWAT PAYUDARA UNTUK IBU HAMIL 4.5 5 Agus Budianto Wednesday 6 January 2016 Tips Merawat Payudara Untuk Ibu Hamil  - Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi. Seluruh kebutuhan  gizi bayi pada awal kehi...


No comments:

Post a Comment