TIPS MEMILIH SEPATU GUNUNG YANG NYAMAN DIPAKAI

 on Sunday 3 January 2016  

Tips Memilih Sepatu Gunung yang Nyaman Dipakai - Mendaki gunung adalah hobi yang bisa dibilang cukup ekstrem dan  memacu adrenalin. Meskipun begitu, aktivitas ini sangat menynangkan bagi para pecinta alam. Namun, hobi yang satu ini, tidak boleh dilakukan sembarangan, karena mendaki gunung membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang kuat. Bagi yang jarang olahraga mungkin tidak akan sanggup untuk melakukannya. Karena medan yang ekstrem, menanjak dan penuh bebatuan adalah jalan yang tidak bisa dihindari. Kita juga dilatih untuk bersabar, melangkahkan kaki, setapak demi setapak untuk menaklukan puncak gunung.

Tapi mungkin bagi para pecintanya, ini adalah kenikmatan tersendiri yang tak bisa didapatkan dari kegiatan lain. Disuguhi pemandangan indah dan udara yang segar juga menjadi keasyikan tersendiri ketika mendaki gunung.

Karena keekstreman dan kesulitan medan yang harus ditempuh inilah, kita harus mempersiapkan diri secara fisik maupun mental. Selain badan yang sehat, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah properti yang digunakan. Salah satunya adalah sepatu.

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tips memilih sepatu gunung yang cocok untuk kita. Agar aktivitas mendaki bisa berjalan lancar, kita memerlukan sepatu yang nyaman dan kuat. Berikut adalah beberapa tips memelih sepatu gunung yang berkualitas.

1. Bahan sepatu
Hal pertama yang harus jadi pertimbangan dalam membeli sepatu. Bahan yang bagus, akan membuat sepatu nyaman dipakai. Ssepatu gunung yang bagus biasanya terbuat dari kulit sintetis. Kelebihan kulit sintetis adalah lebih kuat dan memiliki sirkulasi udara yang baik untuk kaki. Bahan yang harus dihindari adalah kanvas dan karet karena cepat sobek. Selain bahan, sepatu gunung juga harus bersifat waterproof, tahan goncangan dan tidak pengap.

2. Sol Sepatu
Selanjutnya pilihlah sepatu gunung dengan punggung yang lebih tinggi karena dengan punggung sepatu yang lebih tinggi, sepatu akan lebih mudah menancap di permukaan tanah. Kemudian, pilihlah sepatu gunung yang memiliki tumit besar, lentur dan kuat. Bisa terbuat dari karet ataupun bahan sintetis. Hal yang tak kalah penting,pilihlah jahitan sepatu yang kuat dan mengikuti bentuk kaki. ini akan memberikan rasa nyaman pada kaki kita.

3. Jenis Sepatu
Jenis sepatu gunung yang beredar yaitu sepatu yang berleher pendek, berleher sedang dan berleher tinggi. Untuk sepatu berleher pendek tidak bisa melindungi mata kaki, hal inibisa membuat kaki lecet. Pakailah sepatu ini untuk medan yang ringan saja. Selanjutnya sepatu gunung berleher sedang, sepatu ini hanya melindungi sebagian mata kaki. Jenis ini juga tidak disarankan untuk mendaki gunung dengan medan terjal dan berat, karena bisa membuat kaki cedera dan lecet. Selanjutnya jenis sepatu gunung berleher tinggi. Jenis sepatu ini bisa melindungi seluruh mata kaki dan tidak menyebabkan lecet. Sepatu ini adalah pilihan yag paling tepat untuk mendaki gunung dengan medan yang terjal dan berat.

4. Ukuran
Untuk memberikan kenyamanan pada kaki, pilihlah ukuran sepatu yang lebih longgar agar kita tidak merasa kesempitan, kemudian agar sepatu pas dikenakan pada kaki, pakailah kaos kaki. Gunakan kaos kaki dari bahan wool karena nyaman digunakan dan tebal. Dengan memilih ukuran yang sedikit lebih longgar dan ditambah pemakaian kaos kaki, maka kita bisa mendaki gunung dengan nyaman, terhindar dari kedinginan dan rasa sesak.

Demikian tips Tips Memilih Sepatu Gunung yang Nyaman Dipakai. Semoga bermanfaat.
TIPS MEMILIH SEPATU GUNUNG YANG NYAMAN DIPAKAI 4.5 5 Agus Budianto Sunday 3 January 2016 Tips Memilih Sepatu Gunung yang Nyaman Dipakai  - Mendaki gunung adalah hobi yang bisa dibilang cukup ekstrem dan  memacu adrenalin. Meskipu...


No comments:

Post a Comment