10 TIPS BELANJA AMAN DI TOKO ONLINE

 on Monday 21 December 2015  

10 Tips Belanja Aman di Toko Online - Kemajuan teknologi melahirkan kemajuan yang sangat pesat. Kemudahan demi kemudahan terus berkembang memanjakan manusia. Bagaimana tidak, sekarang ini untuk melakukan sesuatu manusia tidak perlu keluar rumah. Sekarang semuanya ada di ujung jari. Tinggal klik atau cukup menyentuhkan ujung jari ke layar smartphone dan tablet kita sudah bisa mendapatkan sesuatu yang kita inginkan

Begitupun dengan cara belanja. Sekarang untuk berbelanja, kita tinggal mengetikan nama benda yang ingin kita beli di internet. Dalam hitungan detik kita akan di sandingkan dengan beberapa pilihan toko online yang menjual barang keinginan kita. Namun kemudahan itu tidak serta merta kita nikmati tanpa kehati-hatian. Belanja online memang mudah, akan tetapi jika kita tidak hati-hati, salah-salah uang kita melayang sedangkan barang yang kita beli tak kunjung datang.

Karena alasan tersebut, sebaiknya kita berhati-hati dalam memilih toko online. Berikut saya bagikan beberapa tips berbelanja online dengan aman.

10 tips aman berbelanja online :

1. Pilih toko online yang terkenal

Banyak sekali toko online terkenal di Indonesia, saya tidak akan menyebutkannya di sini, tetapi kita pasti tahu sendiri, banyak iklan tentang toko online yang ditayangkan di televisi. Jika kita memilih salah satu dari toko online tersebut kemungkinan tertipu akan sangat tipis.

2. Cek websitenya

Dengan melihat sebuah website kita bisa melihat apakah website tersebut benar-benar tko online atau hanya sekedar blog yang digunakan untuk menipu. Perhatikan juga domain yang digunakan biasanya toko online yang terpercaya tidak akan menggunakan domain gratisan.

3. Kontak yang bisa dihubungi

Patikan ada kontak yang bisa dihubungi. Kontak yang dimaksud tidak hanya nomor HP saja, tapi usahakan anda telusuri semua akun online milik penjual seperti email, facebook, BBM, Whatsap dan sejenisnya.

4. Hubungi penjual

Sebelum memutuskan untuk membeli barang, hubungi dulu penjual, dan tanyakan tentang produk-produk yang akan anda beli. Usahakan untuk bertanya sedetail mungkin sehingga kita akan mendapatkan informasi yang cukup mengenai barang yang akan kita beli. Perhatikan jawaban-jawaban dari sang penjual, jika dalam menjawab terkesan tidak profesional dan banyak kejanggalan, mungkin anda bisa membatalkan transaksi.

5. Tes, tanyakan seputar produk

Penjual yang berpengalaman, pasti akan tahu seluk beluk dari produk yang dijual. Tanyakan proses pengiriman serta berapa lama barang akan sampai di tempat Anda.


5. Cek register toko online

Cara ini sangat simpel namun sangat efektif untuk mengecek kebenaran toko online. Caranya adalah dengan mengetikkan who.is pada browser Anda, kemudian setelah halaman who.is terbuka, masukkan alamat website ke kolom yang disediakan dan klik Who.is. Who.is berfungsi sebagai website checker yang bisa menampilkan seputar informasi alamat pemilik domain (www.namatoko.com), tanggal pengaktifan domain, tanggal kadaluwarsa domain, nama registran, alamat, nomor telepon, email, kota dan provinsi yang tentu akan sangat berguna.

Namun yang harus diperhatikan adalah bahwa who.is bisa disembunyikan atau di hidden. Jika sebuah website who.is-nya disembunyikan, maka Anda harus berpikir dua kali karena kemungkinan besar website tersebut adalah website penipu.

6. Rekening pribadi atau badan usaha?

Untuk melakukan pembayaran biasanya menggunakan metode transfer antar bank. Jika rekening tersebut menggunakan rekening pribadi, Anda harus waspada. Jika rekening yang digunakan menggunakan nama badan usaha, misal PT.AAA atau CV.BBB, maka akan lebih terjamin.

7. Catat dan simpan bukti transaksi

Mencatat bukti transaksi sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu terjadi masalah yang tidak diinginkan. Simpanlah bukti tersebut sebgai bukti untuk menuntut hak kita jika barang tidak sampai dalam waktu yang cukup lama.

8. Cari informasi di Google

Biasanya sebuah toko online yang suda sering menipu pelangganya, akan banyak menuai kritik, bahkan tak jarang ada blog yang membahas kisah penipuan berkedok toko online. Oleh karena itu priksalah kebenaran toko online tersebut dengan browsing terlebih dahulu.

9. Tanyakan di forum atau pada teman Anda

Toko online yang kredibel, akan direkomendasikan oleh pelanggan yang pernah membeli di toko itu. Tanyakan juga di forum-forum online, pasti banyak informasi dan pengalaman member yang bisa dijadikan panutan.

10. Pahami resikonya

Membeli barang di toko online memiliki banyak resiko, karena kita tidak melihat sendiri barang yang akan dikirim untuk kita. Gambar yang dipampang di wesite tidak dijamin persis sama dengan apa yang kita harapkan ketika barang datang. Oleh karena itu anda adalah orang yang paling berwenang untuk memutuskan membeli atau tidak sebuah barang melalui toko online.

Nah, setelah membaca 10 Tips Belanja Aman di Toko Online, silahkan tentukan pilihan anda. Ingat selalu resiko yang bisa kita dapatkan jika salah memilih toko online. Semoga bermanfaat.
10 TIPS BELANJA AMAN DI TOKO ONLINE 4.5 5 Agus Budianto Monday 21 December 2015 10 Tips Belanja Aman di Toko Online - Kemajuan teknologi melahirkan kemajuan yang sangat pesat. Kemudahan demi kemudahan terus berkembang m...


No comments:

Post a Comment