11 TIPS AMPUH BERHENTI MEROKOK

 on Friday 25 December 2015  

11 Tips Ampuh Berhenti Merokok - Merokok memang memiliki kenikmatan tersendiri bagi para pecandu. Sulit sekali bagi seseorang jika sudah kecanduan, untuk berhenti merokok. Butuh perjuangan keras dan usaha yang pantang menyerah untuk berhasil berhenti dari kecanduan merokok. Namun jika kita mau berusaha sesulit apapun pasti akan bisa terjerat dari candu nikotin. 
Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tips ampuh berhenti merokok. Berikut tips-tips yang bisa saya sajikan untuk anda.

1. Niat dan Tekad
Memutuskan untuk berhenti merokok memang hal yang sangat sulit bagi seseorang yang sudah kecanduan. Tapi dengan niat dan tekad yang kuat, niscaya kita bisa berhenti merokok. Bicara memang mudah, tapi prakteknya tentu akan sangat sulit, oleh karena itu Niat yang sanga Kuat, dan Tekad yang Bulat sangat diperlukan. Ingat, semua tergantung pada anda sendiri. Jadi selalu tanamkan niat dan tekad untuk berhenti merokok, jika ada godaan atau perasaan ingin merokok.

2. Dukungan Teman dan Keluarga
Mintalah dukungan dari teman dan keluarga agar kita bisa lebih mudah keluar dari jeratan candu rokok. Utarakan niat anda kepada semua orang, bahwa anda akan berhenti merokok, jadi jika suatu saat anda lupa atau ada keinginan untuk merokok selalu ada yang mengingatkan.

3. Tentukan Target
Bagi seseorang yang sudah kecanduan, tidak akan bisa dalam sehari dia meninggalkan rokok. Jadi buatlah target dan patuhi target yang anda buat. Kurangi sedikit demi sedikit, jatah rokok anda. Dalm menentukan target jangan terlalu lama, usahakan secepat mungkin yang mampu anda lakukan. Jarak yang mungkin bisa anda pilih adalah sekitar 2 – 3 minggu. Berhenti secara bertahap akan membuat anda tanpa terasa bisa meninggalkan kebiasaan merokok.

4. Menghindari Komunitas Perokok
Cara selanjutnya adalah, dengan memilih lingkungan di mana tidak ada orang yang merokok. Mungkin ini sangat sulit dilakukan, bahkan di tempat kerja kemungkinan teman anda banyak yang masih merokok. Tapi usahakan untuk menghindari secara langsung orang-orang yang masih merokok. Jika ada yang menawarkan rokok, tolaklah dengan cara halus, dan katakan bahwa Anda sedang menjalani program berhenti merokok.

5. Hindari Hal-hal yang Memancing Rasa Ingin Merokok
Kebiasaan seperti minum kopi, alkohol, begadang bisa memnacing rasa ingin merokok. Maka hindarilah hal-hal yang berhubungan dengan rokok, selain rokok itu sendiri. Konsumsi buah-buahan dan susu untuk menggantikan kebiasaan buruk seperti minum kopi dan alkohol.

6. Cari kesibukan
Kesibukan akan membuat kita melupakan rokok. Jadi carilah kesibukan untuk mempersempit waktu luang kita, karena waktu luang bisa mempengaruhi kita untuk merokok. Terlalu lama tanpa kegiatan, akan membuat kita mencari sesuatu sebagai selingan di saat santai. Rokok merupakan teman santai yang  mengasyikan, jadi buatlah diri anda sibuk untuk membuat anda jauh dari rokok.

7. Banyak Minum Air Putih
Mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak membantu menguraikan racun rokok dalam tubuh anda. Selain itu mengkonsumsi air juga bisa membantu anda untuk berhenti merokok karena tidak akan nikmat rasanya jika merokok dengan ditemani air putih. Jadi konsumsilah air putih sebanyak mungkin.

8. Mengubah Kebiasaan Setelah Makan
Kebanyakan perokok mereka akan memilih untuk menghisap rokok. Ubahlah kebiasaan buruk ini, dengan  cara menggantikannya dengan kebiasaan baru yang lebih positif. Kita bisapergi untuk menggosok gigi atau berjalan-jalan stelah makan, dengan cara itu anda akan melupakan keinginan untuk merokok setelah makan.

9. Mengganti Rokok dengan yang Lain
Cobalah untuk mengganti rokok dengan makanan lain, misalnya perment karet, coklat, dsb. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit tapi jika dibiasakan, pasti lama kelamaan akan teratasi.

10. Berfikir Positif
Jangan berpikir bahwa menjauhi rokok adalah hal yang tidak mungkin anda lakukan. Selalu berpikir positif bahwa anda bisa. Selain itu, anda juga harus memikirkan manfaat untuk tubuh anda ke depan. Berpikirlah bahwa berhenti merokok adalah investasi masa depan.

11. Berhenti Merokok Sekarang Juga
Jika sudah memutuskan untuk berhenti merokok, pastikan anda langsung Action dari sekarang. Jika anda menunda-nunda, maka yang akan timbul adalah rasa malas, dan lama-lama akan kehilangan niat untuk berhenti merokok. Jadi lakukan sekarang juga.

Demikian 11 Tips Ampuh Berhenti Merokok yang bisa saya tulis dalam postingan ini, semoga bermanfaat. Selamat mencoba.
11 TIPS AMPUH BERHENTI MEROKOK 4.5 5 Agus Budianto Friday 25 December 2015 11 Tips Ampuh Berhenti Merokok - Merokok memang memiliki kenikmatan tersendiri bagi para pecandu. Sulit sekali bagi seseorang jika sudah k...


No comments:

Post a Comment