5 TIPS MEMILIH GITAR AKUSTIK YANG BAGUS

 on Tuesday 22 December 2015  

5 Tips Memilih Gitar Akustik yang Bagus - Hobi bermain musik merupakan salah satu hobi yang mengasyikan. Banyak sekali jenis alat musik yang berkembang sekarang ini, akan tetapi gitar mungkin bisa dikatakan sebagai alat musik yang paling mudah untuk dijumpai. Gitar dimainkan oleh berbagai kalangan. Dari pengamen jalanan, pelajar, sampai musisi profrsional gitar selalu menjadi alat musik yang memiliki nilai tersendiri.

Gitar sendiri memiliki ragam jenis yang bervariasi, akan tetapi gitar bisa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu gitar akustik dan elektrik. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tips cara memilih gitar akustik dengan kualitas yang bagus.

Berikut Tips Cara Memilih Gitar Akustik Yang Bagus :

1. Jenis kayu yang dipakai

Kualitas gitar akustik ditentukan dari jenis kayu yang dipakai. Body gitar akustik sendiri terdiri dari top, side and back, neck, fingerboard dan bridge. Jenis kayu yang bagus adalah Rosewood
atau di Indonesia kita kenal dengan nama Mahogani (Mahoni), kayu ini biasa digunakan untuk soundboard. Sedangkang kayu Spruce, digunakan untuk posisi TOP.

2. Bentuk body gitar

Gitar akustik memiliki bentuk body yang beragam, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Ukuran juga memiliki pengaruh terhadap suara dan tone yang
dihasilkan. Para pecinta gitar kebanyakan berpendapat bahwa gitar Fender Telecoustic lebih nyaman dibanding digunakan dibanding Gibson J200, akan tetapi konon untuk kualitas suara lebih bagus J200. Bentuk gitar akustik ada yang memakai cutaway ada yang tidak. Keunggulan gitar yang memakai cutaway adalah lebih mudah menjangkau fret2 tinggi. Akan tetapi ada juga yang mengatakan gitar akustik tanpa cutaway suaranya lebih bagus dari gitar akustik dengan cutaway.

3. Ukuran neck
Ukuran tebal tipis neck mempengaruhi kemampuan jari tangan saat bermain
gitar. Oleh karena itu, hal ini juga patut untul dipertimbangkan. Carilah gitar dengan ukuran neck sesuai dengan tangan kita. Pada umumnya fret yang berada pada neck gitar akustik berkisar antara 12­14 fret. Ukuran body pun juga berpengaruh pada ukuran neck.

4. Tunner atau mesin tuning
Tuner gitar sangat penting pada sebuah gitar, baik akustik maupun elektrik. Merk seperti Grover pada umumnya lebih bagus dibandingkan yang tuner yang tidak bermerek. Usahakan untuk memilih tuner yang bermerk walaupun mungkin akan lebih mahal.


5. Fretboard
Tips terakhir adalah, perhatikan kualitas bahan dari fretboard/fingerboard karena sangat berpengaruh pada suara gitar. Usahakan untuk memilih fretboard yang terbuat dari kayu mahoni. Cari fretboard yang tidak dilapisi dengan cat, karenacat pada fretboard mudah terkelupas dan akan mebuat kita tidak nyaman.

Demikian postingan kali ini tentang 5 Tips Memilih Gitar Akustik yang Bagus. Semoga bermanfaat.

5 TIPS MEMILIH GITAR AKUSTIK YANG BAGUS 4.5 5 Agus Budianto Tuesday 22 December 2015 5 Tips Memilih Gitar Akustik yang Bagus - Hobi bermain musik merupakan salah satu hobi yang mengasyikan. Banyak sekali jenis alat musik yan...


No comments:

Post a Comment