6 TIPS MEMILIH TELUR YANG MASIH BAGUS

 on Sunday 20 December 2015  

6 Tips Memilih Telur yang Masih Bagus - Telur merupakan lauk yang sangat populer, semua lapisan masyarakat dari yang miskin sampai yang kaya pasti pernah mengkonsumsi telur. Hal ini tidak mengherankan karena telur memang mudah didapatkan di mana saja. Selain itu telur juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan, terutama protein.

Berikut kandungan gizi dari 100 gr telur ayam :

Bagian Telur Ayam yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 90 %
Energi Telur Ayam = 162 kkal
Protein Telur Ayam = 12,8 gr
Lemak Telur Ayam = 11,5 gr
Karbohidrat Telur Ayam = 0,7 gr
Kalsium Telur Ayam = 54 mg
Fosfor Telur Ayam = 180 mg
Zat Besi Telur Ayam = 3 mg
Vitamin A Telur Ayam = 900 IU
Vitamin B1 Telur Ayam = 0,1 mg
Vitamin C Telur Ayam = 0 mg

Nah, setelah mengetahui kandungan gizi telur ayam, sekarang mari kita simak beberapa tips memilih telur ayam yang baik.

Tips Memilih Telur

1. Warna Telur

Telur yang baik memiliki warna yang lebih pekat dan cerah. Ini menunjukkan telur telah di produksi dengan sempurna. Cangkangnya kuat sehingga dapat melindungi isi telur dengan baik.

2. Ukuran Telur

Biasanya sesuatu yang bagus identik dengan yang lebih besar, akan tetapi dalam memilih telur sebaiknya kita pilih telur yang berukuran kecil. Telur yang kecil adalah telur dari ayam muda, cangkang nya biasanya lebih tebal dan akan sangat bagus untuk melindungi isi telur.

3. Bentuk Telur

Telur yang bagus adalah telur yang berbentuk lonjong, karena kandungan kuning telurnya akan lebih banyak dibandingkan telur yang berukuran bulat.

4. Cium Aroma Telur

Telur yang berbau busuk jelas menunjukkan telur yang sudah tidak bagus. Maka dalam memilih telur cobalah untuk menciumnya apakah sudah berbau busuk atau tidak.

5. Kocok Telur

Cobalah untuk mengocok telur yang akan dibeli, jika terdengar bunyi atau terasa ada yang longgar, itu menandakan telur tersebut sudah dalam kondisi yang tidak bagus. Jadi pilih lah yang tidak bersuara.

6. Rendam telur

Cara ini jarang dilakukan karena di tempat penjualan tentu tidak menyediakan air untuk merendam telur. Tetapi sebenarnya ini adalah pengetahuan yang harus dimiliki oleh kita sebagai pembeli telur. Jika telur direndam dan posisi telur tidur itu menandakan telur masih segar, jika telur agak berdiri menandakan telur sudah disimpan 3-5 hari, jika tegak maka telur sudah dismpan lebih dari 10 hari, dan apabila sudah melayang bahkan sampai mengapung, maka telur itu sudah pasti dinyatakan sudah rusak.

Demikian 6 Tips Memilih Telur yang Masih Bagus.  Semoga bermanfaat.


6 TIPS MEMILIH TELUR YANG MASIH BAGUS 4.5 5 Agus Budianto Sunday 20 December 2015 6 Tips Memilih Telur yang Masih Bagus  - Telur merupakan lauk yang sangat populer, semua lapisan masyarakat dari yang miskin sampai yang kay...


2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya min... Ditunggu Artikel terbarunya ya :)

    Kunjungi Blog Kami Juga ya : pemain ayam - pemainayam.club

    ReplyDelete