10 TIPS MENJADI ORANG TUA YANG BAIK DAN MENYENANGKAN

 on Thursday 24 December 2015  

10 Tips Menjadi Orang Tua yang Baik dan Menyenangkan - Menjadi panutan untuk anak-anaknya adalah sebuah kewajiban dan tanggungjawab orang tua terhadap anaknya. Anak adalah titipan Tuhan yang paling berharga, karenanya harus kita pelihara dengan baik. Mendidik anak merupakan tugas mulia orang tua. Jangan sampai kita lalai dalam mendidik anak, karena itu juga berarti kita durhaka kepada Tuhan Sang Pemberi Amanah.


Pada kesempatan ini, saya akan berbagi sebuah tips tentang keluarga. Yaitu bagaimana menjadi orang tua yang baik dan menyenangkan. Berikut beberapa tips yang bisa anda praktekkan di rumah.

1. Selalu berpikirlah positif
Pikiran positif berimbas pada perilaku positif pula. Orang tua yang terbiasa memperlihatkan emosi negatif terhadap anak mereka,  ataupun mempelakukan anak dengan kasar, akan selalu dikenang dalam otak anak, dan nantinya akan berefek buruk setelah anak dewasa. Ini akan menjadi hal yang buruk karena perilaku orang tua yang dilakukan pada anak usia 5 tahun akan terus dicontohnya hingga anank tersebut menjadi dewasa. Bahkan ketika ia sudah menikah nanti.

2. Wujudkan kasih sayang dalam keluarga
Kaish sayang yang selalu diperlihatkan dan dicontohkan orang tua kepada anak semasa kecil merupakanpendidikan yang penting untuk membantu seseorang menjadi pribadi yang ulet menghadapi tantangan. Berilah contoh, kasih sayang, dan kesabaran kepada anak, sehingga anak tumbuh menjadi orang yang penuh dengan kasih sayang.

3. Pernikahan yang harmonis
Jaga selalu keutuhan rumah tangga. Jangan biarkan hubungan pernikahan menjadi buruk saat kita mempunyai anak. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pernikahan bermasalah saat usia bayi 9 bulan akan memberi kontribusi anak sulit tidur pada usia 18 bulan. Hal ini terjadi karena mereka merekam bahwa rumah tersebut adalah rumah stres. Stres inilah yang menyebabkan anak susah tidur.

4. Pelihara kesehatan mental Anda
Kesehatan mental orang tua sangat berpengaruh pada perkambangan anak, Apabila anda merasa memiliki masalah mental, atau tekanan batin, segeralah meminta bantuan psikolog demi perkembangan mental anak. Gaya pengasuhan negatif karena mental Ibu yang tertekan, dapat menyebabkan stres bagi anak-anak. Penelitian yang dilakukan pada 2011 menemukan bahwa anak-anak yang dibesarkan oleh ibu-ibu depresi, akan lebih mudah tertekan pada masa prasekolah. Oleh sebab itu pelihara selalu kesehatan mental anda.

5. Selalu bersikap hangat
Bersikap hangat sangat membantu dalam menumbuhkan perilaku anak yang baik. Teladani anak denagn selalu bersikap hangat pada anak kita.

6. Bijak saat anak berargumentasi
Jika anak sudah muali beranjak remaja. Pengalaman dan penemuan baru si anak akan membuatnya bisa melontarkan argumen yang tidak terduga. Bahkan terkadang sangat menjengkelkan. Argumentasi tersebut berkaitan dengan penolakan kuat dari tekanan teman sebaya di luar rumah. Bersikaplah bijak. Remaja perlu punya dunianya sendiri, namun mereka juga tetap membutuhkan dukungan dari orang tua.

7. Hilangkan ambisi untuk sempurna
Ingatlah, tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Jadi, jangan menetapkan target yang terlalu tinggi untuk menjadi orang tua yang sukses. Biarkalanlah seperti air mengalir, lebih santai menjalani hidup akan membuat anda lebih bahagia.

8. Kenali karakter anak Anda
Tiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Kita tidak bisa memaksakan sebuah cara mendidik yang sama untuk semua anak. Bahkan terkadang kita merasa pintar dan lebih tahu cara mendidik anak, sedangkan kita tidak mengenali karakter anak kita sendiri. Maka kenalilah anak anda, dan didiklah sesuai karakternya.

9. Memberi kebebasan
Mmeberi kebebasan pada anak, tidak berarti kita melepaskan tanggungjawab sebagai orang tua. Akan tetapi ketika anak mulai beranjak dewasa, mereka akan memiliki pemikiran dan prinsip sendiri. Memberi kebebasan pada anak bisa melatihnya menjadi anak yang bertanggungjawab. Kebebasan juga akan membuat anak menjadi kreatif, kaya akan pengalaman baru, dan tentunya akan menjadikan anak tersbut menjadi pribadi yang mandiri.

10. Selalu bercanda
Ada sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam Economic and Social Research Councils, Festival of Social Science 2011, bahwa bercanda dengan balita akan membantu mengatur mereka dalam hal keberhasilan sosial. Ketika orang tua bercanda dan berpura-pura, ini akan memacu anak-anak untuk berpikir kreatif, menambah hubungan teman, dan mengatur tingkat stres. Terapkanlah tips ini, dan perhatikan perkembangan anak.

Demikian 10 Tips Menjadi Orang Tua yang Baik dan Menyenangkan. Semoga bermanfaat. Selamat mengasuh anak! :)
10 TIPS MENJADI ORANG TUA YANG BAIK DAN MENYENANGKAN 4.5 5 Agus Budianto Thursday 24 December 2015 10 Tips Menjadi Orang Tua yang Baik dan Menyenangkan - Menjadi panutan untuk anak-anaknya adalah sebuah kewajiban dan tanggungjawab orang t...


No comments:

Post a Comment