TIPS BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL

 on Thursday 24 December 2015  

Tips Berbelanja di Pasar Tradisional - Berbelanja merupakan kebutuhan sehari-hari bagi setiap keluarga. Belanja bisa kita lakukan di mana saja. Walaupun sekarang ini, sudah banyak sekali, supermarket, minimarket dan pasar modern lainnya, namun keberadaan pasar tradisional tidak bisa digantikan begitu saja. Banyak kelebihan-kelebihan pasar tradisional yang tidak dimiliki oleh pasar modern. Hal inilah yang membuat konsumen tetap menikmati berbelanja di pasar tradisional.

Pada kesempatan ini, saya akan memberik beberapa tips yang bisa dipraktekkan pada saat berbelanja di pasar tradisional. Berikut tips-tipsnya.

1. Datang ke pasar pada waktu yang tepat
Datang pada waktu yang tepat akan memberi keuntungan kepada anda. Usahakan untuk datang lebih awal ke pasar tradisional, karena pada jam-jam tertentu suasana pasar akan begitu sesak dan ramai. Selain itu juga jika kita datang terlambat atau sudah siang, maka dagangan penjual hanya tinggal sisa-sisa saja. Jelas, barang sisa tentu kualitasnya tidak sebagus stok awal. Itu karena barang yang bagus sudah habis terbeli oleh pelanggan lain yang lebih dulu datang. Terlebih lagi pada belanjaan seperti buah dan sayuran. Jadi datanglah lebih awal, selain bisa leluasa memilih barang, suasana juga lenggang dan tidak terlalu sesak. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan barang pilihan dengan kualitas bagus.

2. Beli dengan teliti
Ketelitian sangat menentukan untuk mendapatkan barang dengan kualitas bagus. Usahakan untuk memilih sendiri barang yang akan kita beli, jangan terpengaruh dengan rayuan-rayuan penjual. Begitu banyak pilihan yang bisa kita ambil di pasar. Banyak pedagang yang menjajakan dagangan yang sama dalam pasar. Oleh karena itu, perhatikan juga selisih harga antara penjual yang satu dan yang lain.

3. Menyiapkan uang tunai
Berbelanja di pasar tradisional tidak bisa dibayar dengan kartu kredit. Maka siapkan uang tunai sebelum berbelanja. Uang kecil akan lebih memudahkan kita dalam berbelanja. Jika anda hanya membawa uang pecahan besar, utamakanlah utnuk membeli barang dengan harga yang lebih mahal sehingga mendapatkan kembalian, dan bisa digunakan untuk membeli keperluan lain dengan uang kecil.

4. Pandai-pandailah menawar
Pada umumnya pedagang akan mematok harga jual penawaran berkisar 50% sampai 85% dari harga tertera. Jika kita tidak terbiasa belanja di pasar tradisional kemungkinan kita akan mendapati harga tinggi pada sebuah barang. Sebaiknya anda mengetahui harga pasaran barang-barang yang akan anda beli. Panda-pandailah menawar barang, jika kita ingin mendapatkan barang dengan harga murah.

5. Menjadi pelanggan
Menjadi pelanggan adalah cara terbaik untuk emndapatkan harga murah. Jika kita sudah terbiasa berbelanja di pasar tradisonal, pilihlah satu atau beberapa pedagang dan jadikanlah langganan Anda. Biasanya jika kita sudah menjadi pelanggan, maka harga yang ditawarkan akan lebih murah, dan mereka pun akan segan jika hendak menipu kita.

Itulah beberapa Tips Berbelanja di Pasar Tradisional. Semoga bermanfaat.
TIPS BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL 4.5 5 Agus Budianto Thursday 24 December 2015 Tips Berbelanja di Pasar Tradisional - Berbelanja merupakan kebutuhan sehari-hari bagi setiap keluarga. Belanja bisa kita lakukan di mana s...


No comments:

Post a Comment