TIPS MEMILIH KULKAS YANG BAGUS UNTUK KELUARGA

 on Thursday 24 December 2015  

7 Tips Memilih Kulkas untuk Keluarga - Kulkas merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang sangat berguna bagi keluarga. Dengan memiliki kulkas, kita bisa menyimpan sayuran, buah, dan bahan makanan lain agar tetap segar. Selain sebagai tempat penyimpanan, kulkas juga membantu kita untuk berkreasi membuat aneka minuman segar. Karena fungsinya yang sangat banyak itu, maka dengan memiliki kulkas, kita akan semakin kreatif dalam meyajikan hidangan untuk keluarga.


Meskipun kulkas sangat bermanfaat, namun karena penggunaan kulkas memiliki jangka waktu yang lama, maka kita harus selektif dalam memilih kulkas. Usahakan memilih kulkas yang hemat energi. Perhatikan berbagai aspek dan fitur yang terdapat di dalam kulkas. Nah, pada kesempatan ini, saya akan membagikan tips memilih kulkas yang bagus untuk keluarga kita. Simak tips-tips berikut.

1. Siapkan tempat untuk menaruh kulkas

Rencanakan dengan matang, di mana anda akan meletakkan kulkas yang akan kita beli. Hal ini harus menjadi pertimbangan utama sebelum membeli kulkas. Pada umumnya kita menempatkan kulkas di dapur. Meletakkan kulkas di dapur akan memudahkan kita ketika mengambil bahan makanan pada saat memasak.


2. Memilih tipe yang cocok

Banyak sekali jenis kulkas yang beredar sekarang ini. Masing-masing tipe menawarkan kelebihan masing-masing. Ada dua jenis kulkas yaitu kulkas freezer (kulkas dengan ruang pembeku) dan non-freezer. Kulkas dengan freezer memiliki keunggulan dibandingkan kulkas tanpa freezer. Dengan kulkas freezer kita bisa membuat es batu, kekuranganya adalah ruang penyimpanan makanan menjadi lebih sempit. Sedangkan kulkas tanpa freezer hanya bisa digunakan untuk penyimpanan dan tidak bisa digunakan untuk membuat es batu. Kelabihannya adalah ruang penyimpanan menjadi lebih besar.

3. Kapasitas

Kapasitas kulkas yang akan kita beli hendaknya disesuaikan dengan anggota keluarga di rumah. Jika kita mempunyai jumlah anggota keluarga yang banyak, usahakan untuk memilih kulkas dengan kapasitas besar, karena kemungkinan bahan makanan yang akan kita simpan juga cukup banyak. Sebaliknya jika anggota keluarga yang tinggal di rumah cuma sedikit, kita bisa memilih kulkas dengan kapasitas yang lebih kecil. Akan menjadi sia-sia jika kita membeli kulkas kapsitas besar namun kita tidak pernah menyimpan bahan makanan yang banyak di kulkas kita.

2. Kemudahan

Yang dimaksud dengan kemudahan di sini adalah, kemaudahan mengoperasikan serta kemudahan untuk membersihkan kulkas. Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu tipe kulkas yang ditawarkan, jangan malu untuk bertanya dan mengorek keterangan sebanyak-banyaknya kepada penjual tentang tipe kulkas yang kita pilih.

4. Warna

Soal warna pun bisa menjadi bahan pertimabangan dalam membeli kulkas. Pilih kulkas dengan warna senada dengan warna cat dapur dimana kulkas akan ditempatkan. Warna tertentu akan membuat kesan tertentu pula terhadap kulkas. Warna putih akan membuat kulkas terlihat lebih bersih.

5. Material Kulkas

Tak kalah penting adalah material kulkas, pilih bahan anti karat dan mudah dibersihkan, terutama jika Anda masih memiliki anak kecil di rumah.

6. Fitur

Salah satu fitur yang sangat penting pada kulkas adalah, Frost-Free atau bebas bunga es, hemat energi, freezer, dispenser,  rak tambahan, kompartemen quick cool, dan lain sebagainya. Untuk kulkas masa kini biasanya dilengkapi dengan display digital atau filter dispenser. Fitur lain yang biasa tersemat pada kulkas model terbaru adalah fitur eco green atau disebut dengan kulkas ramah lingkungan. Sesuaikan fitur dengan kebutuhan Anda, karena banyak fitur yang kurang penting.

7. Harga 

Tak perlu bahas lagi, harga adalah hal terpenting yang harus kita pertimbangkan dalam membeli kulkas. Banyak kulkas yang bagus dengan harga mahal, akan tetapi jika kantong kita tidak mencukupi, sebaiknya kita pilih yang sesuai kemampuan kita.

Baiklah keputusan terakhir adalah hak mutlak Anda. Berusahalah untuk memilih dengan sebijak mungkin. Demikian 7 Tips Memilih Kulkas untuk Keluarga. Semoga bermanfaat.
TIPS MEMILIH KULKAS YANG BAGUS UNTUK KELUARGA 4.5 5 Agus Budianto Thursday 24 December 2015 7 Tips Memilih Kulkas untuk Keluarga - Kulkas merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang sangat berguna bagi keluarga. Dengan memil...


No comments:

Post a Comment